Connect with us

VIRAL

Buronan FBI Tertangkap di Jakarta, Ini Daftar Penjahat Kelas Kakap Dunia yang Ditangkap di Indonesia

Published

on

SEORANG buron asal AS bernama Russ Albert Medlin (49) tertangkap di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan (14/6). Ia dilaporkan oleh warga sekitar karena sering melihat pergerakan gadis di bawah umur yang keluar masuk rumahnya. Russ ditangkap atas dugaan kasus pedofilia.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengungkapkan fakta lain mengenai Medlin. Rupanya Medlin adalah seorang buronan Interpol dengan kasus penipuan investasi bermodus Bitcoin. Total kerugiannya mencapai US$722 juta atau setara Rp10,8 triliun. Ia sudah menjadi buron sejak red notice dari Interpol diterbitkan pada 10 Desember 2019.

Berikut adalah daftar target operasi kelas kakap dunia yang juga tertangkap di Indonesia:

1. Buronan Interpol Beijing Kasus Penipuan Rp 112 Miliar

interpol.go.id
interpol.go.id

Seorang WN asal Cina bernama Huang Zhangbao ditangkap pada Selasa (18/2/2014) di Apartemen Regata, Jakarta Utara. Ia tinggal di sana bersama istri dan kedua orang anaknya. Huang Zhangbao merupakan buronan Interpol Beijing karena terlibat kasus penipuan yang mengakibatkan kerugian sebesar USD 7,9 juta atau sekitar Rp 112 miliar.  Huang yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ini masuk ke Indonesia pada 2013.

2. Buron Asal Pakistan Kasus Pembunuhan Satu Keluarga

Dok Interpol.go.id
Dok Interpol.go.id

Muhammad Luqman Butt alias Husein Shah alias Firman (34) ditangkap setelah sembilan tahun menjadi buron karena telah membunuh satu keluarga di Pakistan. Ia ditangkap di sebuah rumah kontrakan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Selasa (21/1).

Firman membunuh keluarga korban atas dasar dendam karena keluarganya dihabisi oleh korban. Firman selalu berpindah-pindah untuk menghapus jejaknya dan terdeteksi masuk ke Indonesia dua tahun lalu melalui jalur laut dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Dumai lalu ke Sumatera Utara.

3. Buron Asal Korea Selatan Kasus Penipuan

dok interpol.go.id
dok interpol.go.id

Pada 15 November 2018, NCB Interpol Indonesia menyerahkan subjek Red Notice warga negara asal Korea Selatan atas Nama Jung Kwang Un. Ia ditangkap di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Jung Kwang Un adalah buronan yang terlibat kasus penipuan dan mengakibatkan kerugian sebesar KRW 15 juta. Ia melarikan diri sejak 1 September 2015 sebelum tuntutan diputuskan Pengadilan Mokpo Branch Distrik Gwangju, Korea Selatan.

4. Buronan FBI Asal AS Ditangkap di Bali 

Buronan bernama Vontrey Jamal Clark alias Trey Clark alias Treezy alias Trey (33) ditangkap oleh Polda Bali di Kuta Utara pada Jumat (31/7/2015). Penangkapan Clark oleh Polda Bali ini adalah permintaan kepolisian Amerika sesuai surat dari Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri.

Mantan polisi ini terlibat pembunuhan kekasihnya yang tengah hamil. Ia dipenjara seumur hidup pada 16 Desember 2019.

Sumber : todayline

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Bahana.TV All Rights Reserved.